Selasa, 16 Januari 2007

FIBROADENOMA MAMMAE

Pendahuluan
Fibroadenoma mammae adalah tumor jinak yang sering terjadi di
payudara. Benjolan tersebut berasal dari jaringan fibrosa (mesenkim) dan
jaringan glanduler (epitel) yang berada di payudara, sehingga tumor ini disebut
sebagai tumor campur (mix tumor), tumor tersebut dapat berbentuk bulat atau
oval, bertekstur kenyal atau padat, dan biasanya nyeri. Fibroadenoma ini dapat
kita gerakkan dengan mudah karena pada tumor ini terbentuk kapsul sehingga
dapat mobil, sehingga sering disebut sebagai ”breast mouse”.

Etiologi dan Epidemiologi
Penelitian saat ini belum dapat mengungkap secara pasti apa penyebab
sesungguhnya dari fibroadenoma mammae, namun diketahui bahwa pengaruh
hormonal sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dari fibroadenoma
mammae, hal ini diketahui karena ukuran fibroadenoma dapat berubah pada
siklus menstruasi atau pada saat kehamilan. Perlu diingat bahwa tumor ini
adalah tumor jinak, dan fibroadenoma ini sangat jarang atau bahkan sama sekali
tidak dapat menjadi kanker atau tumor ganas.

Fibroadenoma mammae biasanya terjadi pada wanita usia muda, yaitu
pada usia sekitar remaja atau sekitar 20 tahun. Berdasarkan laporan dari NSW
Breats Cancer Institute, fibroadenoma umumnya terjadi pada wanita dengan usia
21-25 tahun, kurang dari 5% terjadi pada usia di atas 50, sedangkan
prevalensinya lebih dari 9% populasi wanita terkena fibroadenoma. Sedangkan
laporan dari Western Breast Services Alliance, fibroadenoma terjadi pada wanita
dengan umur antara 15 dan 25 tahun, dan lebih dari satu dari enam (15%)
wanita mengalami fibroadenoma dalam hidupnya. Namun, kejadian
fibroadenoma dapat terjadi pula wanita dengan usia yang lebih tua atau bahkan
setelah menopause, tentunya dengan jumlah kejadian yang lebih kecil
disbanding pada usia muda.

Diagnosis
Fibroadenoma dapat didiagnosis dengan tiga cara, yaitu dengan
pemeriksaan fisik (phisycal examination), dengan mammography atau
ultrasound, dengan Fine Needle Aspiration Cytology (FNAC). Pada pemeriksaan
fisik dokter akan memeriksa benjolan yang ada dengan palpasi pada daerah
tersebut, dari palpasi itu dapat diketahui apakah mobil atau tidak, kenyal atau
keras,dll. Mammography digunakan untuk membantu diagnosis, mammography
sangat berguna untuk mendiagnosis wanita dengan usia tua sekitar 60 atau 70
tahun, sedangkan pada wanita usia muda tidak digunakan mammography,
sebagai gantinya digunakan ultrasound, hal ini karena fibroadenoma pada wanita
muda tebal, sehingga tidak terlihat dengan baik bila menggunakan
mammography.

Pada FNAC kita akan mengambil sel dari fibroadenoma dengan
menggunakan penghisap berupa sebuah jarum yang dimasukkan pada suntikan.
Dari alat tersebut kita dapat memperoleh sel yang terdapat pada fibroadenoma,
lalu hasil pengambilan tersebut dikirim ke laboratorium patologi untuk diperiksa di
bawah mikroskop. Dibawah mikroskop tumpor tersebut tampak seperti berikut :
a. Tampak jaringan tumor yang berasal dari mesenkim (jaringan ikat fibrosa) dan
berasal dari epitel (epitel kelenjar) yang berbentuk lobus-lobus; b. Lobuli terdiri
atas jaringan ikat kolagen dan saluran kelenjar yang berbentuk bular
(perikanalikuler) atau bercabang (intrakanalikuler); c. Saluran tersebut dibatasi
sel-sel yang berbentuk kuboid atau kolumnar pendek uniform

Terapi (treatment)
Terapi untuk fibroadenoma tergantuk dari beberapa hal sebagai berikut:
1. Ukuran
2. Terdapat rasa nyeri atau tidak
3. Usia pasien
4. Hasil biopsy

Terapi dari fibroadenoma mammae dapat dilakukan dengan operasi
pengangkatan tumor tersebut, biasanya dilakukan general anaesthetic pada
operasi ini. Operasi ini tidak akan merubah bentuk dari payudara, tetapi hanya
akan meninggalkan luka atau jaringan parut yang nanti akan diganti oleh jaringan
normal secara perlahan.

Referensi
1. The Ottawa Hospital Women’s Braest Health Center
2. www.breastcancercare.org.uk
3. NSW Breast Cancer Institute
(www.bci.org.aupublicguides_Mar06Fibroadenoma%20111005.pdf-)

Syarif Alhadrami
Faculty of Medicine Gajah Mada University

24 komentar:

cindy mengatakan...

Assalamu'alaikum...
Senang sekali bisa membaca tulisan pak dokter...(ato calon pak dokter yah???)tentang FAM ini...karena saya sendiri mengalaminya...beberapa x saya cari info, rata2 cara melakukan diagnosisnya mirip, hanya saja terdapat beberapa perbedaan pendapat tentang apakah tumor jinak ini "sebaiknya" diangkat atau tidak...
Saya telah mengetahui FAM yg ada di tubuh saya sejak 2005 silam ketika saya periksakan ke Women Cancer Centre of Malaysia...dan dokter menyarankan agar saya melakukan operasi...tetapi saya masih ragu pada saat itu untuk melakukannya...
kemudian saya periksakan ke seorang Farmakolog terkemuka di daerah saya (Medan) dan dia "hanya" menyarankan agar saya segera menikah dan secepatnya memiliki anak, sebab menurutnya FAM akan ikut luruh ketika menyusui...
jd sebenarnya apa sih cara terbaik untuk "sembuh" dari tumor jenis ini??? usia saya sekarang menginjak 24 tahun...saya cenderung setuju pada si farmakolog tapi terus terang saya juga belum sepenuhnya yakin apakah nantinya setelah menikah tumor ini tidak akan ada lagi di tubuh saya...jawaban dr anda akan sangat berharga untuk saya...terima kasih..

Wassalam
cindy

yana mengatakan...

hallo....membaca tentang FAM, melalui blog ini saya cm mau share aja tentang FAM yg pernah saya alami yg mungkin bs jd pertimbangan buat cindy or yg lain...
tahun 1992 saya menjalani operasi pengangkatan FAM yg besarnya 1.3 cm (menurut hasil pengukuran dengan menggunakan alat khusus (saya lupa namanya)yg digunakan dokter bagian bedah, memang sih waktu itu dokter saya mengatakan terserah aja mau operasi bole tidak pun tidak apa2 (krn bukan tumor ganas).
menurut keterangan mamie saya ternyata adiknya dulu sebelum menikah jg mengalami hal yg sama dgn saya malahan 2 x di kedua payudaranya...but setelah menikah, punya anak (menyusui) hingga kini tidak lg mengalami FAm tersebut. mungkin ada benarnya jg apa yg dikatakan dokternya Cindy (FAM tersebut akan ikut luruh ketika menyusui)hal tersebut tlh dibuktikan oleh tante saya....
yah semoga saja apa yg saya dan keluarga saya alami bs menjadi tambahan data/analisa tentang FAM....(ternyata FAM itu mungkin jg bs termasuk penyakit keturunan...) jd tuk Cindy.....mungkin bs jd masukan....

Anonim mengatakan...

Aku juga mau berbagi pengalaman.. Aku ngalami terkena FAM ini mungkin d usia 16 tahun.. Sekarang usiaku 18 tahun.. Saat itu aku memang sudah merasakan ada yang aneh dengan payudaraku,, ada benjolan tapi tak pernah merasa nyeri atau sakit, jadi ya aku kira nggak ada apa2.. Tapi 6 bulan yang lalu mulai terasa nyeri, itu pun kadang2.. Akhirnya periksa ke dokter dan ternyata didiagnosis itu FAM dan harus segera diangkat..
Akhirnya saya operasi pengangkatan fam itu dan hasilnya, excisi tumor tersebut berdiameter 4,8 cm.
Katany dokter sih ini udah besar dan kemungkinan sudah bertahun tahun..
Tapi mengapa nyeri nya ada pas uda lama ya? Knapa pas dulu2 aku nggak ngrasain nyeri? Apa emang bgtu?

Anonim mengatakan...

thx for ur information..
nice to know this FAM..

Thaty mengatakan...

Asslamualaikum
saya senang sekali membaca tulisan dokter dan merupakan tambahan ilmu buat saya..gini dok saya juga mengalaminya saat ini usua saya 25 tahun..bermula dari tahun 2005 saya saya melahirkan anak pertama saya melalui operasi dan anak itu meninggal,tetapi air susu saya tetap ada dan membesar karna tidak bisa menyusui akhirnya dokter menyarankan untuk distagen agar air susunya tidak berproduksi lagi sambil minum obat pemberian dokter.setelah 3 bulan berlalu saya merasakan ada benjolan kecil dipayudara kiri saya..saya sudah periksakan ke dokter bedah katanya FAM dan menyarankan langsung dioperasi tp saya belum berani..akhir akhir ini saya merasakan benjolan itu semakin membesar dan terasa nyeri..dan perlu dokter ketahui payudara kanan saya sampai sekarang masih memproduksi air susu dibanding dengan kiri yang terkena benjolan tidak ada air susunya...tolong jawaban dokter apa yang harus saya lakukan.

Anonim mengatakan...

Your blog keeps getting better and better! Your older articles are not as good as newer ones you have a lot more creativity and originality now keep it up!

Anonim mengatakan...

[B]NZBsRus.com[/B]
Escape Idle Downloads With NZB Downloads You Can Rapidly Find High Quality Movies, Games, MP3 Albums, Applications & Download Them at Maxed Out Rates

[URL=http://www.nzbsrus.com][B]Newsgroup[/B][/URL]

Anonim mengatakan...

Ask for on every side Our Shaded Prices at www.Pharmashack.com, The Unequalled [b][url=http://www.pharmashack.com]Online Chemist's foul up the whistle on gain [/url][/b] To [url=http://www.pharmashack.com]Buy Viagra[/url] Online ! You Can also Conjecture Consummate Deals When You [url=http://www.pharmashack.com/en/item/cialis.html]Buy Cialis[/url] and When You You [url=http://www.pharmashack.com/en/item/levitra.html]Buy Levitra[/url] Online. We Also Clutch a Valuable Generic [url=http://www.pharmashack.com/en/item/phentermine.html]Phentermine[/url] Recompense the greater of Your Nutriment ! We Open out away Still sully [url=http://www.pharmashack.com/en/item/viagra.html]Viagra[/url] and Also [url=http://www.pharmashack.com/en/item/generic_viagra.html]Generic Viagra[/url] !

Anonim mengatakan...

You could easily be making money online in the hush-hush world of [URL=http://www.www.blackhatmoneymaker.com]blackhat seo software[/URL], You are far from alone if you haven’t heard of it before. Blackhat marketing uses little-known or little-understood avenues to build an income online.

rahmah mengatakan...

Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk FAM, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (seperti yang telah dinyatakan dalam Q.S. An Nahl Ayat 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
semoga bermanfaat
Rahmah

Anonim mengatakan...

assalamualaikum
sering berbagi pengetahuan baru ya, jangan lelah ,semoga bermanfaat bagi yang membaca. sukses slalu,wass

CONTOH ASKEP mengatakan...

Bagus sekali artikel FIBROADENOMA MAMMAE

Tyass mengatakan...

maaf seBeLumnya,
saya mau taNya, apakah FAM ini memiliki stadium? eperti yang diketahui pada Ca Mamae pada umumnya?
trims.. =)

Anonim mengatakan...

mau bertanya sedikit tentang FAM ini.
saya adalah penderita FAM, sudah menjalani operasi. namun FAM yang baru tumbuh kembali, ditempat yang berbeda,,,,
yang ingin saya tanyakan, apa kira2
-kira yang memicu terbentuknya FAM pada kasus sy? karena sy sudah operasi sebanyak 2 kali, dan saat ini Fam yang baru telah timbul lagi??

Anonim mengatakan...

ass..


staun yg lalu tepatnya thn 2010 pd usia saya 17tahun, saya pernah menjalani oprasi FAM. ukurannya cukup besar berdiameter 3cm. sebelumnya saya tdk prnh merasakan nyeri ketika FAM belum diangkat.

stelah satu tahun pasca oprasi, knp sering kali saya merasakan nyeri pada bagian bekas oprasi. apakah itu hal yg wajar atau apa perlu saya berkonsultasi lg pd dokter yg prnh mengoprasi saya?

Anonim mengatakan...

informasinya sangat bermanfaat, trmksh

Anonim mengatakan...

informasinya sangat bermanfaat, trmksh

Anonim mengatakan...

saya senang bisa mendapat informasi dari tulisan ini,,,, saya merasakan benjolan dipayudara saya sejak bulan januari,, saya periksakan ke dokter lalu dokter bilang harus dioperasi,, katanya benjolan itu adalah fibroadenoma,,saya masih bingung mau operasi atau tidak,, dokter pun melarang saya makan coklat dan makanan berlemak apa sebenarnya pengaruhnya?

Anonim mengatakan...

Aku jg ada pengalaman fam, umur aku 20 th. Terdeteksi fam sktr bulan september 2011 dan jumlahnya cukup banyak. Kanan ada 7 dan kiri 4. Aku sdh konsul ke 6 dokter ahli bedah onkologi, 4 dr dokter tab menyatakan hrs segera diangkat semua. Dan 2 dr nya mengatakan tdk hrs segera dan dilihat perkembangan selanjutnya dgn melakukan usg 6 bulan kemudian. Kl famnya statis oprasinya ditunda lg karna menurut dokter tsb stlh dioprasi pasti akan timbul kembali. Dan kl smakin berkembang sebaiknya memang diangkat. Namun tidak bisa sekaligus 11 fam tsb. Mengingat umur yg masih sangat muda, dan memang kedua doktwr tsb menyarankan untuk segera menikah dan menyusui, karna akan dgn sendirinya hilang. Sejauh ini aku udh coba pengobatan alternatif dan minum yg herbal spt propolis. Sejauh ini rasa nyeri yg dirasakan mmg Sering dan jg sering terasa gatal sekali dibagian aerola dan putingnya. Mdh2an posting dr saya ckp bermanfaat

Anonim mengatakan...

Usia sy skrg 21.dlu sy d diagnosa fbroadonemamma ketika brumur 19th.dr.menyarankan oprsi krb ukurnx 5.6 n ad lbh dr 3 buah.stlh oprasi trnyata tumor itu tumbuh lg d payudara sblah kiri.sy sdh mncoba brbagai alternatif dr klorofil,pil keladi tikus bahkan alterntif laenx yg d oleskan tumbuhan herbal.tp tdk ad hasilx n skrg dr.mnyuruh sy agr sgra oprsi lg krna tumbuh lg n lbh bsar n byk.tlg saranx buat sy sgera..
Mksih byk..

Anonim mengatakan...

terima kasih, sangat membantu.

Anonim mengatakan...

Banyak yg punya kasus fam ini ya,waktu saya umur 24th ada benjolan, dr bedah saat itu mengatakan tdk ada masalah krn klo menyusui akan hilang, saat ini umur saya 36th, memang benjolan saat itu hilang stlh menyusui. Tpi saat ini muncul di tempat beda, dan hasil usg ada kesan fam. Sebenarnya dan sebaiknya dioperasi tidak ya?

Anonim mengatakan...

sy juga mau berbagi.desember 2011 kmrn sya juga merasa ada benjolan d payudara sbelah kiri.kmudian dr.langsung menyarankan utk d operasi mskipun itu jinak.akhirnya sya operasi dan stelah di teliti bnjolan itu adalah FAM.coba utk teman2,RUTIN MINUM REBUSAN DAUN SIRSAK.SEHARI 3X.

Anonim mengatakan...

Fam memang menarik dibahas, saya mau memberi informasi krn sya sendiri org medis. Tumbuhnya fam dipengaruhi bnyk faktor : singkatnya anda mempunyai bakat tumor, hal tersebut memang diturunkan secara genetik.. ketika hormon ditubuh anda tdk seimbang, contohnya estrogen anda tinggi, esteogen mempunyai sel target diantaranya sel payudara Dan sel di uterus... yg membuat sel tersebut proliferasi atau istilahnya berkembang ke arah yg tidak diinginkan. Jika pada payudara memjadi fam, bila pada uterus/rahim menjadi leimioma. Ini merupakan tumor jinak. Namun bila anda risih dgn hal tersebut anda bisa menjalani terapi... rz24